Event & Review, Otomotif, Wisata

Sehari Belajar Jadi Montir Cantik Bareng Toyota Motor Manufacturing Indonesia

 

Sehari Belajar Jadi Montir Cantik Bareng Toyota Motor Manufacturing Indonesia – Judul tulisanku kali ini mirip judul FTV ya? Tapi memang begitulah kenyataannya 😁 Tanggal 18 Oktober 2017 lalu aku mendapat kesempatan untuk belajar menjadi montir cantik di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berlokasi di Karawang, Indonesia. Aku bersama rekan blogger Indonesian Social Blogpreneur mendapat kesempatan untuk mengunjungi pabrik Toyota dan melihat secara langsung bagaimana cara pembuatan mobil Innova dan Fortuner yang saat ini sedang ramai di pasar otomotif Indonesia. Mau tahu bagaimana keseruannya? Baca ceritaku dibawah ini ya!

TMMIN Karawang, I’m Coming!

Tepat pukul 09.00 WIB bis yang telah disediakan oleh Portal otomotif No.1 Indonesia membawaku dan teman-teman Indonesian Social Blogpreneur meninggalkan Jakarta menuju Karawang. Rasanya seperti mahasiswi yang sedang melakukan study tour, partner ngobrol, gosip, ngemil sepanjang perjalanan adalah omak Haya 😂

#TemanTMMIN Selfie dulu di dalam bis

Selain menjadi montir cantik, kami para blogger juga akan menjadi #TemanTMIIN yang akan bercerita kepada kalian bagaimana keberadaan Toyota yang memberi manfaat bagi bangsa Indonesia. Seorang teman yang baik pasti mengetahui karakter dan latar belakang temannya, nah berikut ini sekilas cerita tentang Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN):

PT Toyota Motor Manufac- turing Indonesia (TMMIN) adalah sebuah perusahaan yang telah berkiprah lebih dari 45 tahun di Indonesia. TMMIN sebagai salah satu basis produksi dan ekspor di kawasan Asia Pasifik dan sesuai dengan se- mangat “Toyota Berbagi” akan terus berupaya untuk menyediakan produk dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, berperan serta dalam perkembangan industri nasional, serta tumbuh bersama masyarakat Indonesia melalui berbagai inisiatif sosial.

Visi:

– Perusahaan Terbaik & Fleksibel Mewakili komitmen TMMIN sebagai perusahaan manufaktur global untuk mengembangkan operasional manufaktur terbaik untuk menghasilkan produk berkualitas global yang dapat dengan mudah menyesuaikan kebutuhan pasar di tiap negara.

– Perusahaan yang Dikagumi Mewakili komitmen TMMIN untuk terus berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia.

Misi:

Membantu orang dan barang berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan nyaman melalui pembangunan berkelanjutan pada teknologi, produk, dan layanan di industri otomotif.

Toyota Berbagi

  1. Produk & Teknologi: Toyota mendukung Indonesia untuk membuat mobil pintar yang menghubungkan sistem terintegrasi antara orang-kendaraan-masyarakat melalui produk lokal kami: Kijang Innova, Fortuner, Etios Valco, Yaris, Vios, Sienta. Kami juga berupaya mengembangkan teknologi ramah lingkungan serta teknologi keselamatan.
  2. Pengembangan Industri: Toyota terus berusaha untuk memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri otomotif Indonesia melalui penguatan daya saing internasional untuk ekspansi ekspor dengan menjadi salah satu dari Toyota Global Manufacturing Base. Upaya kami diantaranya dengan memperluas basis produksi kami di Indonesia dengan investasi baru yang pada akhirnya akan membuka kesempatan kerja baru, mengembangkan kemampuan sumber daya manusia Indonesia melalui ‘alih teknologi’ dan mempromosikan kegiatan lokal untuk memperkuat industri otomotif di Indonesia.
  3. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan: Toyota terus mendukung kemakmuran Indonesia menjadi lebih baik untuk membangun bangsa bagi generasi berikutnya melalui 4 pilar kontribusi sosial perusahaan yaitu mempertahankan lingkungan, mendukung pendidikan generasi muda, meningkatkan keselamatan lalu lintas dan meminimalkan kemacetan lalu lintas serta bersama-sama dalam masyarakat yang berkembang dan mendukung orang-orang yang memerlukan bantuan melalui tindakan filantropi.

Tepat pukul 13.00 WIB kami tiba di kantor Toyota dan mendapat sambutan yang luar biasa dari TMMIN 😌

Narasumber dari TMMIN
Mr. Anang S, DH-TMMIN memberikan sambutan

Sebelum memulai perjalanan keliling lokasi Plant-1 TMMIN, kami mendapat pengarahan mengenai keamanan dan peraturan di lokasi terlebih dahulu. Pada peraturan yang tampak di gambar atas, pengunjung pabrik tidak diperbolehkan mengambil foto dengan kamera, namun kali ini ada pengecualian untuk #TemanTMMIN 😍 kami diperbolehkan mengambil foto, selfie, wefie di lokasi pabrik, namun tidak diperkenankan untuk ajak mas-mas montir kece untuk selfie bareng 👀
Lalu apa saja yang harus dipakai saat berada di area pabrik?
  1. Helm pelindung kepala: Selalu gunakan helm pelindung ini saat berada di lokasi pabrik
  2. Safety glasses: Kacamata yang kami pakai dalam foto diatas bukan kacamata gaya ya! Tapi kacamata untuk melindungi mata kita selama berada di lokasi pabrik.
  3. Arm protector: Gunanya untuk melindungi lengan tangan kita selama di lokasi pabrik. Didalam lokasi pabrik Toyota ini terdapat beberapa area pengerjaan yang menghasilkan percikan kembang api dari mesin las-nya.
  4. Sepatu tertutup: Menggunakan sepatu tertutup di lokasi pabrik adalah WAJIB! Agar kaki kita terlindungi dan aman selama berada di lokasi pabrik.
  5. Guide Phone: Guide phone ini bentuknya seperti HT namun memiliki earphone yang WAJIB kita pasang di telinga. Alat ini membantu kita untuk mendengarkan penjelasan para teknisi yang akan memandu kami selama berkeliling di Plant-1 TMMIN.
  6. Dilarang memasukkan tangan kedalam saku celana.
  7. Dilarang menggunakan ponsel dalam area pabrik.
  8. Harus berjalan di area hijau, dan menengok kanan-kiri-depan-belakang saat hendak menyeberang.
Berjalanlah di jalur hijau.

#TemanTMMIN, Keliling Area Produksi Yuk!

Kelompok 1 Foto bareng dulu sebelum keliling pabrik

Ada seseorang yang cemburu berat diseberang sana ketika tahu aku mendapat kesempatan keliling pabrik Toyota untuk melihat langsung produksi mobil Innova dan Fortuner. Seseorang itu adalah kakak kandungku laki-laki, aku memanggilnya mas Soni. Masku adalah seorang lulusan otomotif yang bercita-cita bekerja di pabrik Toyota, namun Tuhan berkata lain sehingga Dia menempatkan masku di perusahaan lain 😌 Ada 5 Flow Proses Produksi di TMMIN, yaitu:

PRESS

Saat masuk kedalam area pertama di TMMIN, aku langsung tahu kenapa masku mendambakan bekerja di perusahaan ini. Lokasinya yang bersih, ruang kerja yang teratur serta sistem yang terjaga benar-benar membuat nyaman para pekerja di perusahaan ini. Para pekerja di lokasi agak sedikit kaget melihat kedatangan kami rombongan blogger, namun masih tetap fokus mengerjakan jobdescnya 😀

Biasanya kalau masku lagi asik utak-atik mesin mobil dirumah, aku nggak bakal banyak dikasih tahu sama dia kegunaan part mobil itu apa saja. Nah mumpung lagi di pabriknya langsung, aku jadi serius dan excited banget nyimak penjelasan teknisi yang mengantar kami berkeliling. Kecepatan dalam mencetak spare part menjadi salah satu kelebihan TMMIN, untuk membuat 1 mobil dibutuhkan 370 kg sheet steel, dan setiap 6 detik akan ada 1 part yang keluar dan ada 105 part untuk setiap tipe mobil. Mungkin ga partnya bakal ketuker pit? Tenang bro, sistem di TMMIN sangat aman dan teratur jadi tidak mungkin tertukar 😉 Cycle time TMMIN ini luar biasa yaaa!

Kamu harus tahu!

  1. Pokayoke adalah alat utk mendetect abnormality pada mesin TMMIN. Contohnya seperti berikut:

2. Jijikokukoku result adalah area untuk menanggulangi problem secara real time management.

WELDING

Welding Map Fortuner

Welding ya gaes, bukan wedding! Jangan salah baca, apalagi salah paham 🙄😅 Sesuai dengan arti dan fungsinya, area welding adalah area pengelasan. Di area ini kita akan banyak melihat percikan kembang api, karena proses penggabungan beberapa part yang membentuk mobil. Saat melintas di area ini, aku berkhayal bisa nyanyi “Baby, you’re a firework!!! Come on, let your colours burst” ala katy perry, namun faktanya adalah aku jalan cepat nyaris lari kecil ketika melewati percikan kembang api dari mesin las 😂

Salah satu robot di area welding

Kamu harus tahu!

Fact: (Innova Model)

  • Total Spot: 3400 spots
  • Total Arc Length 65 meters
  • Total Weld Part 450 part

Figure:

Robot Spot Quantity: (Automation Ratio 25%)

  • Plant #1: 26 Robots
  • Plant #2: 56 Robots

Robot Arc Quantity: (Automation Ratio 65%)

  • Plant #1: 56 Robots

Saat di area Welding ini aku menyimak baik-baik semua penjelasan pak Yahya, Supervisi Welding Area yang menemani kami berkeliling. Di area ini menggunakan robot karena ada bagian-bagian mobil yang membutuhkan akurasi yang tepat dan hal itu hanya dapat dilakukan oleh peralatan robot, serta berbahaya jika dilakukan oleh manusia.

PAINTING

Coating process to protect surface & Make attractive appearance by apply paint material. Purpose: Anti Rust, Leakage Prevention, Sound Deadening, Appearance.

Sayangnya kami para blogger belum bisa memasuki area painting karena dibutuhkan baju khusus dan di area tersebut tidak bisa dikunjungi oleh banyak orang 😁 Untungnya usai berkeliling area pabrik kami kembali berkumpul di ruang aula untuk mendengarkan penjelasan lebih lanjut tentang area-area yang kita kunjungi.
Kamu Harus Tahu!
  1. Untuk mewarnai 1 mobil Innova dibutuhkan 13 Liter cat.
  2. Ada 5 tahap pewarnaan dai area Painting ini: Clear – Base Color – Primer – ED Coat – Plate

ASSEMBLY

Install & Fit high quality parts and component into vehicle by high skilled member and with pokayoke system, Toyota Guarantee part installed properly.

Kamu Harus Tahu!

  1. Bapak Susilo, Supervisi Assembly mengatakan bahwa system yang digunakan pada area ini adalah system terbaik nomor 1 di Indonesia, karena mereka menyatukan mesin dan body mobil dari bawah ke atas (Mesin yang bergerak naik/terpasang ke body mobil) Maaf yaa cyint kalau bahasaku menjelaskan systemnya nggak teknik banget 😅
  2. Untuk mobil Innova ada 1.100 main parts dan 1.400 Bolt & Nut dan memiliki 126 variasi.
  3. Semua member di area ini memiliki skill yang bagus, bahkan mereka juga pernah meraih juara di Thailand saat mengikuti lomba otomotif se-Asia.

FINAL INSPECTION/TEST

Assure best quality product by thourough inspection (static & dynamic) utilize latest technology & high accuracy equipment

Kamu Harus Tahu!

  1. Fitting & Appearance Check: Specification, Appearance, E/G Roon, Interior & Exterior, Color Matching, Etc
  2. Function Check: Electrical, Water Leakage, Brake tester, Emission, Noise, Etc
  3. Untuk 1 mobil Innova ada 3.900 total points yang harus di cek. Appearance 1300 points, Function 1100 points dan untuk sampling check: Measurement 800 points dan Fuction 700 points
  4. Test course: 2.4 KM with climbing & flood simulation

Kunjungan kami berakhir di area Final Test, dan aku dibikin bengong melongo banget saat melihat berbagi macam tes yang digunakan untuk memastikan bahwa mobil yang dikeluarkan oleh Toyota layak dipasaran. Ada satu ruangan khusus untuk mengecek apakah mobil Innova/Fortuner ini tahan terhadap curah hujan tingi dan tidak terjadi kebocoran, pas di ruangan itu mobil disemprot pake air dari atas, kanan, kiri, muka belakang untuk memastikan bahwa tidak ada kebocoran. Nggak heran yaaa, mau hujan deras seperti gimana pun kalau kita lagi di dalam Innova atau Fortuner nggak bakal kehujanan dan terjadi kebocoran 😂😍

Dalam perjalanannya TMMIN telah memproduksi mobil, mesin, komponen serta dies dan jig. Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, jenis produk Toyota ini juga diekspor ke berbagai negara. Rasio saat ini 1:2 permintaan mobil Fortuner jauh lebih banyak daripada mobil Innova. Saat ini banyak mobil Fortuner warna putih dan setir kiri di ekspor ke negara timur tengah, Filipina serta Vietnam. Untuk lokal sendiri banyak peminat mobil Fortuner warna Hitam.

TMMIN mengimplementasikan Toyota Production System (TPS) dalam rangkaian produksinya. Metode ini bertujuan meningkatkan efisiensi dengan mengurangi hal-hal yang tidak perlu. Implementasi TPS dilakukan di lima pabrik TMMIN yang berlokasi di Jakarta Utara dan di Karawang.

TMMIN  memproduksi berlandaskan konsep built in quality dan just in time, yaitu:

  • Built In Quality: memproduksi barang dengan tingkat presisi sempurna agar hasilnya berkualitas tinggi (zero defect).
  • Just In Time: Untuk menjaga kepuasan konsumen, TMMIN selalu menjaga ketepatan waktu selesai produksi dengan tetap mengedepankan kualitas.

Penghargaan Primaniyarta

TMMIN meraih penghargaan sebagai perusahaan eksportir terbaik dari Kementerian Perdagangan RI sebanyak tujuh kali, yaitu tahun 2008, 2010, 2011, 2013, 2014, 2015 dan 2016.


Untuk pertama kalinya aku merasa bangga bisa menjadi #TemanTMMIN yang bisa belajar menjadi montir cantik. Kalau sudah tahu proses pembuatannya yang benar-benar terjaga dan sempurna, nggak heran lagi kenapa harga mobil Fortuner itu mahal sekali. Ada harga, ada rupa! 😉😘

Montir cantik bersama mobil-mobilnya. #ciyegitu

 

5 thoughts on “Sehari Belajar Jadi Montir Cantik Bareng Toyota Motor Manufacturing Indonesia”

  1. Ani Berta says:

    Melihat dapurnya cara membuat mobil, bikin kita semakin menghargai karya anak bangsa

  2. Haya Aliya Zaki says:

    Cemana kalok besok-besok kita berangkatnya naik bus, terus pulangnya nyetir Fortuner sendiri-sendiri. :)))) Btw, hospitality mereka keren, yaaa. Aku tersanjung!

    1. Upit says:

      Duh, kalau pulangnya naik fortuner sih, aku tak ngajak mas suami mak! Biar bisa pulang bawa 2. Hahahaha 😀
      Keren banget hospitalitynya, berangkat kenyang, pulang kenyang, hati senang 😀

  3. Riyardi Arisman says:

    Gak kuat deh aku sama montir-montir cantik…hehehe, seru banget ya main ke sana, balik lagi yuks akh Mba Upiet.

    1. Upit says:

      Mauuu sik balik lagi, tapi kamu betah ndak sama macetnya? Hahahahaha..
      Balik lagi trus pulangnya bawa Fortuner, aku sih YES!

Leave a Reply