Tips Cerdas Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor

Tips Cerdas Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor – Tahukah anda saat ini jumlah penduduk Indonesia mencapai 257,9 Juta, yang wajib KTP 182,5 Juta dan jumlah kendaraan bermotor di seluruh bagian nusantara mencapai 124.348.224 unit. Berarti hampir 70% masyarakat Indonesia memiliki kendaraan bermotor, tak bisa dipungkiri bahwa saat ini mobil atau motor tak hanya digunakan sebagai alat transportasi, namun juga berpotensi menjadi aset atau investasi. Ketika memiliki kendaraan bermotor ada hal penting selain layanan servis atau purna jual yang harus diperhatikan, yaitu memiliki asuransi guna mengantisipasi hal yang tak diinginkan terjadi di kemudian hari.

Nah, bagi anda yang tertarik dan berminat untuk mengajukan polis asuransi kendaraan bermotor, berikut saya berikan beberapa tips cerdas memilih asuransi kendaraan bermotor.

1. Ubah Pola Pikir Anda Mengenai Asuransi.

Masyarakat Indonesia saat ini sebenarnya sudah cukup memiliki pengetahuan dan kesadaran mengenai asuransi apalagi pengetahuan mengenai asuransi jiwa, namun masih belum mengetahui dan memahami benar tentang pentingnya memiliki asuransi kendaraan bermotor. Financial planning saat ini bukan hanya sekadar mengatur pendapatan saat memiliki uang, tapi juga harus berpikir jika terjadi hal yang tak diinginkan, uang yang dikumpulkan bisa digunakan dengan baik serta dengan takaran yang pasti.

2. Mengetahui dengan Pasti Risiko yang Dijamin dan Tidak Dijamin.

Penting bagi anda mengetahui dengan pasti risiko apa saja yang dijamin dan tak dijamin oleh pihak asuransi. Menurut penuturan Bp. Danny Sutardji – Product Management Analyst PT. Asuransi Adira Dinamika Underwriting MV 2016, pada prinsipnya asuransi kendaraan bermotor menjamin dua resiko:

  1. Kerugian atau kendaraan bermotor
  2. Tanggung Gugat, yaitu tanggung jawab hukum tertanggung terhadap pihak ketiga yang berkaitan dengan penggunaan kendaraan bermotor.

Penanggung tidak memberikan ganti rugi pada :

  1. Kehilangan keuntungan karena kendaraan bermotor yang dipertanggungkan mengalami kecelakaan atau sebab lain.
  2. Kerusakan atau kehilangan peralatan tambahan yang tidak disebut dalam ikhtisar pertanggungan.
  3. Kerusakan atau kehilangan akibat penggelapan, penipuan, hipnotis dan sejenisnya.
  4. Kerusakan atau kerugian akibat perbuatan jahat yang dilakukan tertanggung, suami/istri/anak/orang tua/saudara, pengurus, pemegang saham, komisaris, pegawai.

3. Pastikan Anda Memilih Perusahaan Asuransi yang Kredibel dan Terpercaya.

Baca juga:  Trip Sehari Main Ke Bogor, Jika Jenuh Dengan Suasana Ibukota!
Memilih perusahaan asuransi itu seperti memilih pasangan hidup, harus yang bisa dipercaya dan jelas kredibilitasnya. Esensi terbesar dari asuransi sendiri adalah kepercayaan, pastikan perusahaan asuransi yang anda pilih memiliki layanan kontak untuk klaim ketika ada kejadian darurat, bandingkan pula harga dan value yang didapat membuat anda nyaman atau tidak.
Menurut penjelasan pak Danny Sutardji, Product Management Analyst PT. Asuransi Adira Dinamika Underwriting MV 2016, Asuransi Adira memiliki dua jenis basic coverage, yaitu Total Loss Only dan Komprehensif. Pada asuransi mobil jika terjadi sedikit kerusakan, maka asuransi kendaraan komprehensif yang menanggung dan jika terjadi kerusakan parah maka Total Loss Only yang menanggung, pada asuransi motor hanya ada Total Loss Only saja. Namun kedua hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda, jenis kendaraan anda, keadaan jalan dan perilaku mengemudi anda.
4. Jangan Malu Bertanya!

Jika anda memiliki pertanyaan-pertanyaan mengenai asuransi kendaraan, jangan dipendam sendiri. Tanyakan secara detail langsung kepada pihak polis asuransi anda. Berikut ini 3 pertanyaan dari rekan blogger dan media pada saat menghadiri acara gathering mobil123

5. Kunjungi Website Otomotif.

Jangan ragu untuk kunjungi website otomotif seperti mobil123 untuk mencari tips lebih banyak mengenai asuransi kendaraan bermotor yang cocok dan nyaman untuk anda karena mobil123 merupakan portal otomotif no. 1 di Indonesia terbesar dan terpercaya.
———-
Tips cerdas memilih asuransi kendaraan bermotor diatas saya dapatkan ketika menghadiri acara gathering Mobil123 di Foodism, Taman Kemang pada hari Selasa, 31 Januari 2017 kemarin. Mobil123 yang saat itu bermitra dengan Asuransi Adira mengedukasi para rekan media dan blogger dengan tema “Perlukah Mobil dan Motor Kita di Asuransikan?”. Sebagai blogger yang sering bepergian kesana-kemari dengan kendaraan pribadi, jawaban saya adalah: Ya Jelas Perlu Dong!

Salam,
Semoga bermanfaat :*

 

 

You may also like

38 comments

    1. Halo teh Ani, terima kasih sudah bw dan komen :* Acara kemarin bener2 seru dan bermanfaat. Pulang dari kemarin langsung diskusi sama suami mengenai asuransi kendaraan 😀 mengingat, aku yg sering ceroboh kalau berkendara. hheheh

    1. Halo mbak Windhu,
      Iya lebih baik banyak tanya kan biar paham daripada sesat di jalan, eh maksudnya kecewa di akhir :))
      Terima kasih sudah bw & komen yaa~

  1. Selain penting memiliki asuransi kendaraan, perlu pilih perusahaan asuransi yang terpercaya. Bisa ribet klaimnya kalau salah pilih nih.

  2. “Total Loss Only dan Komprehensif”

    ini yang saya baru tahu pas acara kemaren mbak, awalnya ga begitu ngeh soal asuransi kendaraan, termasuk klaim force majeur dan sebagainya 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.