Event & Review

Membangun Citra Perusahaan Lewat Tampak Depan Bangunan (Fasad).

Membangun Citra Perusahaan Lewat Tampak Depan Bangunan. – Ada banyak cara membangun citra perusahaan, salah satunya dengan tampak depan bangunan atau dalam dunia arsitektur disebut fasade. Kalau aku menganalogikan fasade ini seperti riasan wajah atau make up perempuan, bagi perempuan make up sangat penting untuk menonjolkan kesan, karakter, keunikan dan keindahan wajahnya, sama seperti fasade sebuah bangunan perusahaan yang menunjukkan ciri khas dan seberapa bagus konsep bangunan perusahaan tersebut.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai bank pilihan utama masyarakat Indonesia bekerjasama dengan Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) mengadakan acara Sayembara Desain Arsitektur Tampak Muka (Fasad) BCA yang pendaftarannya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2016 dan ditutup pada tanggal 18 November 2016.

TUJUAN
Sebagai bank swasta terbesar di Indonesia yang memiliki kepedulian terhadap perkembangan bidang arsitektur Indonesia, BCA bermaksud untuk:
  • memberikan kesempatan kepada masyarakat umum (mahasiswa atau profesional di bidang arsitektur) untuk memberikan masukan dan berpartisipasi dalam merencanakan konsep dan desain building facade project yang sejalan dengan visi BCA, sebagai bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.
  • mencari desain yang dapat menjadi perwakilan Kantor Cabang Utama (KCU), Kantor Cabang Pembantu (KCP) dan kantor cabang lainnya yang berupa bangunan tunggal maupun ruko.
  • menemukan panduan standardisasi desain arsitektur tampak muka (fasad) BCA, tanpa mengurangi hak BCA untuk melakukan penyesuaian atau modifikasi sesuai kebutuhan.

Kriteria yang harus dipertimbangkan dalam perancangan Sayembara Konsep Arsitektur adalah: 

  1. Muatan desain berwawasan lingkungan (”Green Design”)
  2. Tampilan modern dengan penggunaan teknologi tinggi (“Modern and High Tech“)
  3. Kemudahan untuk direalisasikan/dibangun (“Constructible”)
  4. Kepraktisan Operasional didalam kemudahan pemeliharaan (“Low Maintenance”).
PENJURIAN SAYEMBARA
Penjurian bersifat tertutup.
Dewan juri penyisihan tahap pertama terdiri dari :
1. Lena Setiawati (BCA);
2. Ong Sukianto (BCA);
3. Ir. Achmad Noerzaman, IAI;
4. M. Deni Desvianto, IAI;
5. Priscilla Epifania Ariaji, IAI;
Dewan juri final terdiri dari :
1. Armand W. Hartono (BCA);
2. Sugito Lie (BCA);
3. Achmad Noerzaman, IAI;
4. M. Deni Desvianto, IAI;
5. Priscilla Epifania Ariaji, IAI;
Beruntungnya aku pada tanggal 21 Februari 2017 lalu diberi kesempatan oleh panitia sayembara BCA untuk dapat bertemu langsung dan melakukan wawancara singkat dengan para dewan juri final.
Kiri-Kanan: Bp. Sugito Lie (BCA) – Bp. Achmad Noerzaman (IAI)

Menurut Bapak Sugito Lie, “Saat ini BCA juga ingin mengembangkan citra sebagai bank yang modern dan berteknologi tinggi, tanpa menghilangkan unsur ramah lingkungan dan desain para peserta sayembara yang masuk ke tahap penilaian final ini sudah memenuhi kriteria yang ditentukan”. Hal ini dibenarkan oleh Bapak Armand W. Hartono (BCA), beliau juga mengatakan bahwa para peserta sayembara desain fasad ini meskipun masih muda, namun mereka memiliki ide-ide desain yang menarik, tak hanya ramah lingkungan namun juga low maintenance.

(kanan) M. Deni Desvianto, IAI

Untuk pertama kalinya BCA bekerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia, menurut Bapak Deni (IAI) kerjasama ini membuka peluang bagi para arsitek muda yang sudah bergabung dengan IAI ataupun yang belum tergabung mengasah potensinya di bidang arsitektur. Apalagi tema dan konsep sayembara desain fasad ini harus sesuai dengan visi-misi BCA. Jika menang, desain fasad mereka akan menjadi bukti nyata sebuah karya arsitektur bagi generasi selanjutnya. Dengan nada bercanda, Bapak Sugito Lie menimpali dengan kalimat “Iya, nanti pemenang sayembara kan bisa pamer ke anak-anaknya kelak kalau lagi lewat depan kantor BCA. Nak, lihat bangunan itu yang bikin desainnya ayah lho!” Wawancara tak berlangsung lama karena para dewan juri final harus kembali menilai presentasi desain fasad dari para peserta.

Jadi penasaran nih siapa pemenang sayembara desain arsitektur fasad bangunan BCA, kemarin sempat ngintip sedikit desain fasadnya bagus-bagus sih menurutku. Mari kita tunggu pengumuman pemenangnya di tanggal 26 Februari 2017 besok ya! atau klik www.bca.co.id untuk info terupdate lainnya.

Salam,

Upit.

Leave a Reply