5 Cara Cerdas Kredit Mobil yang Harus Dicermati!

5 CARA CERDAS KREDIT MOBIL YANG HARUS DICERMATI! – Sebuah forum otomotif di dunia yaitu OICA menuliskan bahwa Indonesia merupakan salah satu pasar otomotif terbesar di Asia dengan 1.03 juta unit setelah China 24.6 juta unit. Hal ini masuk di akal karena menurut posisi dan kekuatannya, Indonesia merupakan negara terbesar di Asia Tenggara yang pendapatan kotor per kapita Nasionalnya terus meningkat, dari $560 pada tahun 2000 lalu meningkat pesat di tahun 2015 menjadi $3.374 peningkatan yang cukup mengejutkan bukan? Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia ini juga menjadi memiliki kekuatan ekonomi terbesar kesepuluh berdasarkan paritas daya beli.

Beberapa alasan orang-orang membeli mobil:

  • Investasi
  • Kebutuhan
  • Sistem transportasi publik yang masih kurang nyaman.
  • Demonstration Effect
  • Lifestyle

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, ada baiknya calon pembeli mempertimbangkan dengan matang mengenai mekanisme pembayarannya mau secara tunai atau kredit.

Tak semua orang mampu membeli mobil secara tunai, maka berikut ini aku share pengetahuan yang aku dapat dari gathering sebuah portal otomotif terbesar no.1 di Indonesia yang bekerjasama dengan MPM Finance mengenai cara cerdas kredit mobil.

Kelebihan Membeli Mobil Secara Kredit:

  1. TERASA LEBIH RINGAN. Anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar secara sekaligus. 
  • 20% dari harga kendaraan dibayarkan di muka sebagai DP.
  • 80% sisanya akan dibagi sepanjang masa kredit yang Anda pilih.

2. CASHFLOW TETAP TERJAGA. Anda tidak perlu menghabiskan seluruh tabungan untuk bisa membawa pulang barang idaman Anda. Cukup dengan membayarkan sejumlah uang muka, lalu sisa uang Anda tetap dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang lain.

3. SULIT MENABUNG? KREDIT AJA! Untuk mobil, Anda hanya perlu membayar uang muka mulai dari 20% di awal dan sisanya akan dibayarkan secara angsuran di bulan-bulan berikutnya. Tidak perlu lagi berlama-lama menunggu uang tabungan terkumpul untuk membeli mobil, bukan?.

Baca juga:  Transformasi Klinik Kecantikan La Donna Go Online.
Ibu Betty Anjarini, Regional Manager MPM Finance Area Jabodetabek memberikan tips cerdas kredit mobil.

 

5 Cara Cerdas Kredit Mobil:

  1. Pilihlah unit kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Pilah dan pilih merk serta jenis mobil yang dibutuhkan, calon pembeli harus memastikan bahwa mobil tersebut benar-benar dibutuhkan saat ini. Misal: kalau jalan menuju rumah banyak polisi tidur, ya jangan beli Ferrari. Belum juga sampai rumah, udah rusak duluan Ferrarinya :p
  2. Pilih perusahaan pembiayaan yang memiliki reputasi dan pengalaman yang baik. Mengindari banyaknya kasus penipuan, ada baiknya kita sebagai calon pembeli mencari tahu dulu kredibilitas perusahaan pembiayaan mana yang oke. MPM Finance termasuk perusahaan yang oke menurutku, karena sudah berpengalaman selama 26 tahun, melayani kebutuhan pembiayaan modal kerja, multiguna dan investasi. MPM Finance memiliki 82 cabang yang sudah tersebar di seluruh nusantara.

    Ibu Betty mengatakan bahwa MPM Finance berpengalaman di bisnis pembiayaan dengan prosedur layanan yang cepat dan mudah.
  3. Pastikan besaran angsuran sesuai dengan kemampuan finansial anda. Sesuai dengan tips nomor satu, jangan sampai besar pasak daripada tiang. Nggak mau kan harus puasa nggak makan ayam atau daging selama berbulan-bulan karena ngirit demi bayar cicilan mobil.
  4. Pastikan kendaraan anda di-cover asuransi dengan skema comprehensive (all risk) selama masa pembiayaan. Aku udah pernah nulis mengenai cara memilih asuransi yang tepat untuk kendaraan, silahkan baca tipsnya disini.
  5. Pelajari isi perjanjian pembiayaan. Pahami dengan benar apa saja isi klausul perjanjian pembiayaan yang akan ditandatangani, jangan ragu untuk bertanya kepada staff perusahaan pembiayaan. Misalnya jika kita membayar cicilan lebih dari batas waktu perjanjian, resiko apa yang akan kita tanggung sebagai konsumen.

Psst, ada top tips memperoleh persetujuan kredit dari MPM Finance yang bisa kamu cermati sebelum mengajukan kredit mobil:

Seperti biasa, di akhir acara para blogger peserta gathering berfoto bersama. Yang merah jangan sampai lolos! :p

Sampai jumpa di blogger gathering selanjutnya!

You may also like

2 comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.