Celoteh, Healthy, Lifestyle

Tips Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi.

Tips Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi.

Tips Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi. – Bagi beberapa perempuan, bicara tentang menstruasi adalah hal yang tabu, hal yang sangat jarang menjadi topik pembahasan, bahkan mungkin kita sendiri pun enggan membicarakannya dengan orang lain, terkecuali ibu, saudara perempuan atau teman dekat.

Tak banyak perempuan Indonesia yang mendapat ilmu atau pengetahuan yang cukup tentang menstruasi, orang tua kita pun juga tak banyak memberikan informasi atau tips mengenai menstruasi. Malah yang ada, kita “dicekoki” dengan beragam mitos atau hal-hal yang terlarang untuk dilakukan ketika menstruasi, misalnya “Jangan keramas saat menstruasi, nanti cepat beruban”.,”Jangan tidur sore kalau lagi menstruasi”., “Jangan minum es kalau lagi menstruasi, nanti makin deres lho” dan masih banyak mitos lainnya. Hayooo! Ngaku aja deh, perempuan-perempuan yang sudah mengalami menstruasi pasti nggak asing dengan mitos tersebut, aku pun demikian 😂

Mengenai Menstruasi

Pada saat menstruasi, jumlah bakteri buruk di daerah kewanitaan bertambah karena meningginya tingkat keasaman pH yang terkait dengan darah yang dikeluarkan. Dengan kondisi ini, kemungkinan adanya kontaminasi bakteri dan jamur menjadi semakin tinggi dan dapat berakibat pada vaginitis yang memiliki gejala seperti gatal, rasa terbakar, iritasi, bau tidak sedap dan keputihan. Selain jumlah bakteri buruk yang bertambah, pada saat menstruasi, lendir pembatas di leher rahim menghilang sehingga bakteri-bakteri yang berada di area vagina bawah dapat mengakses daerah leher rahim.

Oleh karena itu, menjadi penting bagi para wanita untuk membersihkan daerah kewanitaannya dengan lebih seksama pada saat menstruasi dengan menjaga kebersihan dan kelembapan di daerah kewanitaan, salah satunya adalah dengan penggunaan antiseptic khusus kewanitaan saat menstruasi.

Hari Kesehatan Menstruasi

31 Mei 2017 lalu Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bersama Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dan Mundi Pharma mengadakan dialog dan diskusi yang membahas Hari Kesehatan Menstruasi, peserta diskusi adalah para blogger, yang nantinya diharapkan dapat menyebarluaskan informasi mengenai pentingnya memperhatikan area kewanitaan & menstruasi.

Hari Kebersihan & Kesehatan Menstruasi diperingati setiap tanggal 28 Mei untuk mengingatkan kembali pada semua wanita pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan terutama saat menstruasi. Risiko infeksi area kewanitaan meningkat pada saat menstruasi, karena itu kebersihan area kewanitaan sangatlah penting. Area kewanitaan yang tidak terjaga kebersihannya dapat memicu ketidakseimbangan pH pada area kewanitaan dan menyebabkan infeksi.

Perempuan Indonesia dan Menstruasi

Di Indonesia banyak ditemukaan kasus infeksi pada area kewanitaan seperti keputihan, gatal-gatal, perih dan sebagainya. Kebersihan area kewanitaan yang tidak baik dapat memicu ketidakseimbangan pH pada area kewanitaan dan menyebabkan infeksi. Infeksi pada area kewanitaan yang berulang dapat menyebabkan infeksi panggul, infeksi saluran kencing, infertilitas, kanker serviks, kerusakan sistem imun, infeksi menyeluruh (spesis). Faktanya, 7 dari 10 wanita pernah mengalami keputihan yang disebabkan oleh area kewanitaan yang tidak terjaga kesehatannya.

Hasil riset Burnet Institue tahun 2015 terhadap 1.159 murid perempuan di Indonesia menemukan bahwa:

  • 67% anak perempuan di kota dan 41% anak perempuan di desa mengganti pembalut setiap 4-8 jam sekali. Sisanya mengganti pembalut kurang dari 2x sehari.
  • Hanya 1 dari 2 anak perempuan yang mencuci tangan sesudah dan sebelum mengganti pembalut.
  • Hanya 63% responden mengerti mengenai menstruasi hygiene management saat menstruasi pertama terjadi. Sebagian lainnya tidak mengerti apa yang harus dilakukan.
  • Masih terdapat kesalahan pemahaman dan mitos yang kuat terkait menstruasi seperti: tidak boleh melakukan aktifitas fisik pada saat menstruasi, terdapat makanan yang harus dihindari, pembalut harus dicuci setelah dipakai dan masih banyak lainnya.
  • Penyedia layanan kesehatan (puskesmas) dianggap sebagai salah satu sumber yang dipercaya sebagai pemberi informasi.

Dr. Botefilia, SpOG KFER sebagai salah satu sumber membahas mengenai menstruasi dan “kram perut” yang seringkali dibiarkan saat menstruasi. Padahal, jika kram perut terjadi setiap saat menstruasi dan tak kunjung sembuh bisa jadi ada penyakit di area kewanitaan dan harus segera ditangani. Haid yang normal umumnya 4-5 hari dan jumlah darah haid normal adalah 25-60 ml.

6 Tips untuk Kesehatan Area Kewanitaan

  1. Zona Bebas Sabun: Vagina tidak perlu dicuci sabun
  2. Panty Perfume: Duh, lupain ajalah! Nggak perlu pewangi segala.
  3. Periksa ke Ginekologi minimal 1 tahun sekali.
  4. Underwear katun: Pakai yang bikin sehat dan tetap seksi. Nggak perlu yang ketat-ketat.
  5. Ganti pembalut beberapa jam sekali
  6. Pertahankan pH Vagina yang sehat: 3,5 -4

Manajemen Kebersihan Menstruasi itu penting karena merupakan hak asai bagi perempuan, baik dewasa maupun anak-anak. Banyak anak perempuan tidak memiliki pemahaman yang tepat bahwa menstruasi mereka adalah proses biologis yang normal. Ini tugas kita para blogger yang sekaligus perempuan dewasa untuk menyebarluaskan informasi mengenai pentingnya manajemen kebersihan menstruasi kepada saudara perempuan, anak-anak perempuan yang baru mendapat menstruasi pertama dan juga kepada anak laki-laki agar menganggap bahwa menstruasi yang dialami oleh anak perempuan adalah hal yang wajar dan bukan bahan ejekan.


Salam,

Semoga bermanfaat :*

Leave a Reply