Nihi Sumba, Penginapan di Indonesia yang Mendunia!

Nihi Sumba Island Dua Kali Terpilih Jadi Hotel Terbaik di Dunia!

Nihi Sumba, Penginapan di Indonesia yang Mendunia – Beberapa hari ini kegiatanku selain ngerjain kerjaan di kantor adalah berselancar di dunia maya, baca-baca tentang keindahan alam pulau Sumba, kepo akun para instagramer yang sudah ke Sumba sampai update status di facebook tentang keinginanku untuk menjelajahi pulau Sumba.

 

Beberapa hari kemudian ada notifikasi email masuk dari Kemenpar di ponselku, sempat bengong sejenak pas baca Subject emailnya 😂 WHAT?? NIHI SUMBA?? 😱 APAKAH INI KODE SEMESTA AKU BISA MAIN KE SUMBA? 😝

Nihi Sumba (Nihiwatu) yang terletak di Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur kembali mendapat penghargaan sebagai Hotel Terbaik di dunia versi majalah Travel+Leisure. Tahun lalu, resor ini juga mendapat penghargaan yang sama dalam World’s Best Awards yang diselenggarakan rutin setiap tahun oleh majalah Travel+Leisure melalui voting pembacanya.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya didampingin Bupati Sumba Barat Agustinus Niga Dapawole dan Managing Partner Nihiwatu McBride memimpin jumpa pers atas terpilihnya Nihi Sumba Island (Nihiwatu) sebagai hotel terbaik dunia di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata, Rabu (12/7/17) kemarin.

 

 

Pengumuman kemenangan sebagai hotel terbaik duni diterima oleh Nihiwatu, Nusa Tenggara Timur secara resmi pada Selasa (11/07). Penghargaan Internasional akan memberikan dampak pada formula 3C: Confidence, Credibility, Calibration. Penghargaan yang diterima secara berturut-turut ini yang akan memberikan dampak positif terhadap meningkatnya kepercayaan (confidence) terhadap daya saing pariwisata Indonesia di tingkat global.

Sumber: nihiwatu.com

Nihiwatu terpilih karena ada value yang berbeda dari hotel lainnya yaitu peduli lingkungan dan kebudayaan lokal serta memberdayakan masyarakat sekitar dengan mempekerjakan lebih dari 90% penduduk lokal. Menpar Arief Yahya mengatakan, environment sustainbility atau tourism sustainbility menjadi isu global serta menjadi perhatian masyarakat internasional termasuk para traveller dunia. Para traveller akan memberikan apresiasi antara lain berupa harga yang lebih tinggi kepada industri pengelola akomodasi yang berhasil menerapkan tourism sustainbility atau  di industri perhotelan dikenal dengan green hotel.

Sumber: Instagram Nihiwatu

Pak Arief Yahya menjelaskan, meningkatnya kepercayaan insan pariwisata Indonesia baru-baru ini semakin meningkat dengan diterima “raport” indeks daya saing Indonesia yang naik 8 peringkat ke peringkat 42 yang dikeluarkan secara resmi oleh World Economic Forum (WEF) pada 6 April 2017 lalu. Dengan kenaikan peringkat TTCI, menurut Arief Yahya, pertama otomatis level kepercayaan diri bangsa ini naik dan secara internal, ke dalam negeri semakin percaya diri bahwa bangsa kita mampu bersaing di level dunia.

Berdiri di lahan seluas 270 hektar, hotel tersebut juga punya area berselancar yang menantang. Akomodasi bungalow dengan balkon, serta villa berukuran besar menjadikannya tempat sempurna buat bersantai.

Nihi Sumba Island dipilih terbanyak oleh para pembaca majalah dari seluruh dunia di ajang tahunan ini, dan menjadi testamen akan kekuatan asas humanis berbasis pelayanan (hospitality-centric) yang mengingatkan akan era masa lampau, ritual yang berumur ratusan tahun, lansekap yang masih alami, dan kebebasan berjelajah yang tak terbatasi.

Dengan filantropi sebagai inti dari model bisnisnya, warisan leluhur Nihi tidak hanya berupa sekedar sebuah destinasi, namun juga itikad baik dan investasi intrinsik untuk pelestarian komunitas dimana resor ini berada.

“Tamu kami mencari lebih dari sekedar liburan,” kata pemilik hotel Nihi, Chris Burch, “mereka ingin merasa terhubung dengan alam sekitarnya, dan bisa berbagi dan menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari diri mereka sendiri. Melalui berbagai kegiatan dan perjalanan yang dirancang khusus bagi para tamu, mereka bisa mengalami momen-momen yang menyentuh hati, dan pada akhirnya mampu menciptakan dampak amal.”

Fasilitas tambahan terbaru di Nihi Sumba Island yang paling mengesankan dan memikat termasuk:
Kunjungan ke pabrik coklat milik resor di mana para tamu dapat belajar membuat berbagai jenis permen coklat dengan menggunakan biji kakao Sumba lokal, sambil mencicipi hasil kerja mereka. Selain itu, terdapat juga pilihan sesi yoga di udara terbuka diantara rimbunan dedaunan dan manisnya aroma coklat, yang dapat dilanjutkan dengan sesi pijat rileks menggunakan biji kakao dan minyak segar yang disuguhkan melalui ketrampilan jari-jemari terapis spa Nihi yang telah memenangkan banyak penghargaan.

Danau Weekuri yang eksotis, sebuah titik wisata penemuan terbaru di pulau ini yang terpisahkan dari laut oleh terbing yang terjal, menjanjikan pengalaman berenang mengasyikkan dan piknik santai di tepi danau. Birunya air danau yang jernih, dengan kedalaman yang bervariasi, dan dikelilingi oleh rimbunnya dedaunan dan bebatuan, membuat para tamu dapat memilih untuk berjemur di bawah hangatnya sinar matahari atau berteduh dan menikmati pengalaman berenang yang santai dan menyegarkan.

Retret Wellness yang dipandu oleh instruktur kelas dunia yang menggabungkan manfaat fisik yoga dengan meditasi, gerakan ringan, dan fleksibilitas yang dirancang untuk membawa Anda melalui sebuah pengalaman terapi untuk mencapai keseimbangan pikiran, tubuh dan jiwa.

Dalam keterangannya, Travel Leisure menyatakan, hotel yang berjarak 250 mil dan dapat ditempuh dengan kurang dari satu jam penerbangan dari Bali ini tidak hanya menampilkan keindahan pantai tersembunyi di Sumba, tapi juga ramah lingkungan.

Sekali lagi selamat untuk Nihi Sumba atas prestasi yang sudah diraih, tunggu aku menginap disana yaaaa !! 😘


TENTANG NIHI SUMBA ISLAND

Dibedah ulang dan dibuka kembali pada tahun 2015, Nihi Sumba Island dengan cepat telah menarik perhatian wisatawan dari seluruh pelosok dunia. Di sebuah pulau terpencil di bagian tenggara Indonesia – seukuran negara bagian Massachusetts dan terletak hanya 50 menit penerbangan dari Bali – destinasi selancar tersohor yang memiliki pantai dengan ombak berstatus legendaris ini diakuisisi oleh pengusaha dan investor Chris Burch dan dengan bantuan hotelier James McBride pada tahun 2012. Mereka sukses mengembangkannya menjadi sebuah suaka budaya alami yang menawarkan petualangan, kemewahan bebas alami dan kesempatan untuk beramal di dalam balutan suasana eksotis dan otentik. Nihi Hotels merencanakan perluasan mereknya untuk merealisasikan peluang yang ada dengan menganut doktrin “The Edge of Wildness.” Tujuan terkini yang diminati meliputi Pasifik Selatan dan Amerika Tengah.

TENTANG SUMBA FOUNDATION

Mempertahankan filosofinya yang mengakar, dan melalui kemurahan hati Chris Burch, sebagian keuntungan Nihiwatu sekarang didonasikan ke Sumba Foundation yang didirikan oleh pendiri Nihiwatu, Claude Graves, dan Sean Downs, pada tahun 2001. Dengan dukungan antusias dari para tamu hotel, Nihiwatu merupakan sebuah medium filantropis yang didedikasikan untuk membina proyek berbasis masyarakat. Selama menginap, sekilas kegiatan Sumba Foundation diperkenalkan kepada para tamu melalui presentasi dan film pendek yang menyentuh hati. Hasilnya adalah sebuah kolaborasi langka antara resor dan komunitas lokal yang hidup berdampingan dengan baik: resor telah menjadi pencipta pekerjaan terbesar di pulau ini dan berbagi dengan masyarakat setempat melalui Sumba Foundation. Selama empat belas tahun terakhir, Sumba Foundation telah mendirikan empat klinik medis, dan telah membangun lebih dari 100 sumur air dan stasiun air. Melalui program malnutrisi, Sumba Foundation memberikan asupan makan bergizi tinggi untuk anak-anak setempat, dan telah memperbaiki dan memberi bantuan kepada 15 sekolah dasar setempat, serta menyediakan makan siang bergizi untuk lebih dari 1,000 anak-anak sekolah, lima hari dalam seminggu.

www.nihihotels.com

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Risti Brophy / Belladonna Iskandar – Petrie PR

Tel: (62) 8788 222 3730 / (62) 812 8896 8856

Email: indonesia@petriepr.com


PS: Akhirnya bisa foto bareng Bapak Menpar 😌

Kemarin pas foto bareng pak Menpar Arief Yahya, beliau sempat salah fokus liat rambutku yang warna-warni 😛

You may also like

Leave a Reply